berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Manna

Jalan Affan Bachsin No.109 Manna Bengkulu Selatan

Kegiatan Pengadilan

Kegiatan Pengadilan
  • PENGAWASAN TEKNIS ADMINISTRASI DAN YUSTISIAL OLEH PENGADILAN TINGGI BENGKULU DI PENGADILAN NEGERI MANNA

    Pada hari Senin dan Selasa tanggal 23-24 Mei 2022 selama 2 (dua) hari dilaksanakan Pengawasan Teknis Administrasi dan Yustisial oleh Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Bengkulu di Pengadilan Negeri Manna. Pengawasan ini merupakan bentuk pengawasan rutin yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Bengkulu di Pengadilan Negeri berdasarkan Surat Tugas No. W8.U/1789/Kp.11.01/5/2022, dengan Tim Pengawas yaitu:

    1. Ibu Dahmiwirda D, S.H., M.H.                 Hakim Tinggi
    2. Bapak Dedy Hermawan, S.H., M.H.       Hakim Tinggi
    3. Bapak Endri Novian, S.E.                        Sekretaris
    4. Ibu Umi Kalsum, S.Sos.                          Kabag Umum dan Keuangan
    5. Bapak Alidin, S.H.                                   Panitera Muda Pidsus Tipikor
    6. Ibu Vera Anffraini, S.H.                            Pelaksana
    7. Ibu Endang Wijaya                                  Pelaksana

    Kegiatan pengawasan ditutup dengan penyampaian Laporan Hasil Pengawasan oleh Tim Pengawas yang akan segera ditindaklanjuti oleh Pengadilan Negeri Manna.

  • PELATIHAN PENINGKATAN MUTU LAYANAN PTSP PENGADILAN NEGERI MANNA BEKERJASAMA DENGAN BANK BRI KANCA MANNA

    Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Peningkatan kualitas pelayanan publik harus terus ditingkatkan agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayanan publik dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik.

    Maka salam rangka peningkatan kualitas pelayanan public di Pengadilan Negeri Manna, maka pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 Pengadilan Negeri Manna bekerjasama dengan Bank BRI Kanca Manna mengadakan Pelatihan Peningkatan Mutu Layanan PTSP Pengadilan Negeri Manna. Narasumber pelatihan dari Bank BRI memberikan pelatihan kepada para petugas PTSP tentang bagaimana cara memberi pelayanan yang memuaskan masyarakat dan bagaimana teknik berkomunikasi yang baik dengan penerima layanan. Supaya para perugas lemuh mudah memahi pelatihan yang diberikan, kemudian dilakukan role play dengan mempraktekkan secara langsung bagaimana cara  melayani pengunjung. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan PTSP Manna.

  • COFFEE MORNING: KOORDINASI SISTEM PERADILAN PIDANA TERPADU ANTARA PENGADILAN, KEJAKSAAN, KEPOLISIAN & RUTAN

    Selasa, tanggal 29 Maret 2022 bertempat di Pengadilan Negeri Manna dilaksanakan Coffee Morning Koordinasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu dipimpin oleh Bapak Cokia Ana Potia O., S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Manna, yang dihadiri oleh Kapolres Bengkulu Selatan, Kajari, Karutan (yang mewakili), dan Ka. Satpol PP (yang mewakili), beserta jajarannya masing-masing.

    Kegiatan ini diisi dengan sosialisasi inovasi Pengadilan Negeri Manna yaitu WAVIRA (Whatsapp Virtual) yang akan mempermudah masyarakat dan instansi terkait berhubungan dengan pengadilan berkaitan dengan layanan di Pengadilan Negeri Manna. Selanjutnya dilaksanakan sesi diskusi terkait proses peradilan pidana yang berlangsung selama ini, terutama tantangan melaksanakan persidangan secara elektronik di masa pandemi yang melibatkan Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, dan Rutan. Di akhir acara coffee morning, dilakukan penandatangan MoU yang diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, dan Rutan dalam mewujudkan Sistem Peradilan Pidana yang terpadu.

  • PERINGATAN HUT KE-69 IKAHI TAHUN 2022

    Dalam rangka memperingati HUT KE-69 IKAHI Tahun 2022 dengan tema “Sinergitas Ikahi Mendukung Akselerasi Terwujudnya Peradilan Modern”, IKAHI Cabang Manna melaksanakan serangkaian kegiatan sebagai berikut:

    1. WEBINAR INTERNASIONAL HUT IKATAN HAKIM INDONESIA (IKAHI) KE-69

    Kamis, tanggal 17 Maret 2022 Para Hakim PN Manna via zoom meeting mengikuti Webinar Internasional kerjasama IKAHI dengan U.S. Department of Justice UPDAT, dengan tema: “Peran Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Untuk Mewujudkan Peradilan Modern Dalam Perspektif Lintas Negara.”

    2. BAKTI SOSIAL

    Senin, tanggal 21 Maret 2022, IKAHI PN Manna mengadakan kegiatan Bakti Sosial di Yayasan Sabilil Rasyad Kedurang Bengkulu Selatan, yang turut dihadiri oleh Kapolsek dan Kades setempat. Bakti Sosial diisi dengan kegiatan:

    • Penyerahan Bantuan Dana dan Sembako
      • Sosialisasi Anti Kekerasan Terhadap Anak
      • Games dan Pembagian Hadiah.

    3.SILATURAHIM NASIONAL IKAHI DENGAN KETUA MA & ACARA PUNCAK PERINGATAN HUT IKAHI Ke 69

    Selasa, 22 Maret 2022, IKAHI PN Manna mengikuti kegiatan Silaturahim Nasional Ikahi Dengan Ketua Ma & Acara Puncak Peringatan HUT IKAHI Ke 69. Acara Silahturahmi Nasional HUT IKAHI ke 69 yang diselenggarakan secara virtual ini di ikuti oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, pengurus pusat IKAHI dan Pengurus Daerah IKAHI seluruh Indonesia  melaui Zoom dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam kesempatan ini, Prof. Syarifuddin mengatakan Peran IKAHI juga sangat penting dalam mengawal kemandirian lembaga peradilan melalui wadah satu atap, karena sistem “satu atap” telah menjadi keputusan yang final dan tidak bisa diganggu gugat, sekaligus hal itu merupakan perwujudan dari amanat reformasi yang harus senantiasa kita jaga.

  • SOSIALISASI ATURAN E-COURT & GUGATAN SEDERHANA KE LEMBAGA PERBANKAN DI MANNA BENGKULU SELATAN

    Pada hari Rabu tanggal 3 Maret 2022 bertempat di Ruang Sidang Garuda PN Manna dilaksanakan sosialisasi 2 (dua) PERMA yaitu:

    • PERMA Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik;
    • PERMA Nomor 4 Tahun 2019 Tetang Perubahan Atas Perma Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana.

    Meskipun kedua PERMA ini telah berlaku sejak tahun 2019, namun pengetahuan masyarakat atas kedua Perma tersebut masih minim oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh beberapa lembaga perbankan yang ada di Manna Bengkulu Selatan antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Bengkulu.

    Hal-hal penting yang dipaparkan antara lain tentang manfaat penggunaan e-court serta beberapa ketentuan Gugatan Sederhana yang telah diubah dalam  PERMA terbaru. Pemaparan materi oleh Ibu Amelia Putrina Lumbantobing, S.H. selaku Hakim di PN Manna. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sosialisasi, dan hal ini menunjukkan antusias para peserta sosialisasi.

    Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan antusias lembaga perbankan yang ada di Manna Bengkulu Selatan untuk menggunakan layanan peradilan yang berbasis teknologi (e-court) mengingat masih minimnya penggunaan e-court di PN Manna, padahal penyelesaian perkara akan lebih efektif, efisien, dan biaya ringan jika menggunakan e-court. Modernisasi peradilan merupakan tuntutan pencari keadilan dan perkembangan zaman yang mengharuskan pelayanan administrasi perkara di pengadilan berbasis teknologi informasi.Atashal tersebut, Mahkamah Agung berusaha mengatasi melalui layanan peradilan yang berbasis teknologi (e-court).

  • DATA PERKARA PUTUS BULAN JANUARI 2022

    Selama bulan Januari 2022 di Pengadilan Negeri Manna terdapat 90 perkara yang telah diputus, dengan rincian sebagai berikut:

    • Pidana Biasa                 : 7 perkara
    • Pidana Anak                 : 1 perkara
    • Tipiring                         : 2 perkara
    • Lalu lintas                      : 75 perkara
    • Perdata Gugatan           : 0 perkara
    • Perdata Permohonan   : 5 perkara

    Seluruh penyelesaian perkara tersebut tidak ada yang memakan waktu lebih dari 5 (lima) bulan termasuk penyelesaian minutasi perkara. Hal ini merujuk pada Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penyelesaian Perkara di Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan.

  • PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI, BAGI PIMPINAN, HAKIM DAN APARATUR PENGADILAN TINGKAT BANDING DAN TINGKAT PERTAMA PADA 4 (EMPAT) LINGKUNGAN PERADILAN SELURUH INDONESIA

    Pembinaan Teknis dan Administrasi, bagi Pimpinan, Hakim dan Aparatur Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia, berlangsung  selama 2 (dua) hari yaitu Kamis-Jumat tanggal 27-28 Januari 2022, yang diikuti oleh Ketua Pengadilan, Para Hakim, dan aparatur Pengadilan Negeri Manna secara virtual bertempat di Ruang Sidang Garuda.

    Hari pertama kegiatan pembinaan ini dilakukan oleh pimpinan Mahkamah Agung, sedangkan hari kedua pembinaan dilakukan oleh pejabat Eselon 1 Mahkamah Agung. Pada pembinaan kali ini Ketua MA menyampaikan beberapa hal yang penting, diantaranya terkait Tangkap Tangan oleh KPK terhadap seorang oknum hakim dan Panitera Pengganti di PN Surabaya telah mencoreng wajah peradilan, untuk itu Ketua MA meminta agar pengawasan dan pembinaan oleh atasan langsung seperti yang tertuang dalam PERMA no. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya agar lebih ditingkatkan.

    Ada 5 poin tindakan pengawasan yang harus dilakukan oleh atasan langsung kepada bawahannya, yaitu:

    1. Memantau, mengamati dan memeriksa pelaksanaan tugas agar berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan yang berlaku secara berdayaguna dan berhasilguna.
    2. Meminta laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas bawahan.
    3. Mengidentifikasi dan menganalisis gejala-gejala dan penyimpangan serta kesalahan yang terjadi, menentukan sebab dan akibatnya serta cara mengatasinya.
    4. Merumuskan tindak lanjut dan mengambil langkah-langkah yang tepat sesuai dengan kewenangannya dengan memperhatikan kewenangan pejabat/instansi yang terkait.
    5. Berkonsultasi kepada atasan langsungnya secara berjenjang dalam rangka meningkatkan mutu pengawasan yang dilakukannya.

    Sedangkan kewajiban pembinaan yang harus dilakukan oleh atasan langsung kepada bawahannya meliputi 4 poin sebagai berikut:

    1. Menjelaskan pembagian tugas, fungsi dan kewenangan bawahan dalam struktur organisasi di bawah kendalinya secara berkala.
    2. Menetapkan dan menyetujui sasaran kinerja bawahan serta memberikan penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas capaian kinerja bawahan.
    3. Menjelaskan, membuat, dan menyepakati prosedur atau cara pelaksanaan pekerjaan atau kegiatan yang dinilai kurang jelas atau belum diatur secara khusus.
    4. Membina bawahan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

    Bagi atasan langsung yang terbukti tidak melaksanakan pengawasan dan pembinaan tersebut, akan dijatuhi sanksi administratif karena telah melalaikan kewajibannya  sebagaimana ditegaskan dalam butir 4 Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, ujar Prof. Dr. H.M Syarifuddin.

    Jangan berharap publik akan percaya pada lembaga peradilan sepanjang masih ada hakim dan aparatur peradilan yang menggadaikan integritasnya. Oleh karena itu, hakim dan aparatur peradilan yang tidak berintegritas ibarat tumor dalam tubuh. Untuk mengobatinya harus dipotong agar tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain.”

    Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

    Ketua Mahkamah Agung RI

  • PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA PENYEDIAAN LAYANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS & BIMBINGAN TEKNIS BAHASA ISYARAT BAGI PENDAMPING DISABILITAS

    Akses terhadap keadilan merupakan hak dasar bagi setiap manusia termasuk penyandang disabilitas. Akses terhadap keadilan bagi para penyandang disabilitas berarti harus ada perlakuan yang sama dan pemberian akses penuh ke semua layanan pengadilan. Sejalan dengan hal tersebut, Pengadilan Negeri Manna memastikan bahwa sistem peradilan dapat diakses dan digunakan semua orang termasuk penyandang disabilitas, dengan mengakomodir sarana dan prasarana, paradigma para aparatur pengadilan sehingga penyandang disabilitas dapat terhindar dari hambatan dan diskriminasi saat beracara atau menerima layanan di pengadilan, dengan berpedoman pada SK Dirjen Badilum tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di PT dan PN. Sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan akses yang ramah terhadap penyandang disabilitas di PN Manna, maka pada hari Rabu, tanggal 12 Januari 2022 Pukul 09.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Garuda dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyediaan Layaan Bagi Penyandang Disabilitas oleh Ketua PN Manna Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. dengan Kepala SLB Negeri 1 Bengkulu Selatan dan Kepala Puskesmas M. Thaha Kab. Bengkulu Selatan Tahun 2022

    Setelah kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Bahasa Isyarat Bagi Pendamping Disabilitas oleh Ibu Septy salah seorang guru di SLB Negeri 1 Bengkulu Selatan. Serangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan dan menciptakan PN Manna yang ramah terhadap penyandang disabilitas, dan proses pelayanan terhadap penyandang disabilitas di pengadilan dapat berjalan lebih baik dan sesuai kebutuhan masing-masing penyandang disabilitas.

  • PENANDATANGAN PAKTA INTEGRITAS, PERJANJIAN KINERJA, DAN KOMITMEN BERSAMA TAHUN 2022

    Bertempat di Pengadilan Tinggi Bengkulu, pada hari Senin tanggal 10 Januari 2022, Ketua PN Manna Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. mengikuti kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas, Perjanjian Kinerja, dan Komitmen Bersama PT Bengkulu dan Ketua PN Se-Wilayah Hukum PT Bengkulu tahun 2022.

    Pelaksanaan Penandatangan Pakta Integritas, Perjanjian Kinerja, Dan Komitmen Bersama dalam rangka mendukung program pemerintah dan mensukseskan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan badan peradilan dibawahnya  demi mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

    Penandatanganan Pakta Integritas Perjanjian Kinerja, Dan Komitmen Bersama dilaksanakan setiap awal tahun untuk menunjukan komitmen keseriusan Pengadilan Tinggi Bengkulu besera jajarannya untuk melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku .

  • PEMBINAAN OLEH KETUA & WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI BENGKULU

    Pada hari Kamis tanggal 9 Januari 2022 bertempat di Ruang Sidang Garuda Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional/Struktural PN Manna mengikuti kegiatan pembinaan yang dilaksanakan secara virtual oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu Bapak Dr. Moh Eka Kartika EM, S.H., M. Hum. dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu Bapak Amin Sutikno, S.H., M.H. Setelah penyampaian pembinaan oleh Ketua dan WKPT kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

    Adapun agenda rapat pembinaan yaitu:

    1. Peningkatan Integritas dan Kinerja sesuai PERMA No. 7, 8, 9 Tahun 2016 dan Maklumat KMA No. 1 Tahun 2017;
    2. Pembangunan Zona Integritas;
    3. Persiapan Rapat KEKA Badilum;
    4. Penyusunan Sakip dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021.
  • PENANDATANGANAN SURAT KEPUTUSAN BERSAMA TENTANG PANJAR BIAYA PERKARA DAN RADIUS

    Pada hari Rabu tanggal 5 Januari 2022 dilaksanakan penandatanganan Surat Keputusan Bersama terkait Panjar Biaya Perkara dan Radius pada Pengadilan Negeri Manna dan Pengadilan Agama Manna, yang dipimpin oleh Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. selaku Ketua PN Manna dan Bapak Rusdi S. Ag., M.H., selaku Ketua PA Manna dan dihadiri oleh para hakim, pejabat struktural dan fungsional dari PN Manna dan PA Manna bertempat di Ruang Sidang Garuda. Acara dimulai pada Pukul 09.30 WIB, diawali dengan kata sambutan dari Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. selaku Ketua PN Manna dan Bapak Rusdi S. Ag., M.H., selaku Ketua PA Manna, dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Keputusan Bersama Panjar Biaya Perkara dan Radius.

    Penandatangan SK Bersama ini merupakan wujud sinergitas PN Manna dan PA Manna dalam memberikan layanan kepada masyarakat pencari keadilan terkait penyamaan panjar biaya perkara yang harus dibayarkan oleh pihak Penggugat/Pemohon dalam perkara perdata saat mendaftarkan perkaranya baik di PN Manna maupun di PA Manna. Keputusan bersama ini meliputi kesepakatan radius dan besar biaya yang dibebankan kepada Penggugat/Pemohon atas biaya perjalanan jurusita/jurusita pengganti dalam melaksanakan panggilan maupun pemberitahuan putusan, mengingat PN Manna maupun PA Manna mempunyai wilayah yurisdiksi yang sama yaitu Bengkulu Selatan.

    Dengan adanya kesepakatan bersama ini diharapkan memberikan keterbukaan informasi dan akuntabilitas di lingkungan peradilan secara khusus di Pengadilan Negeri Manna dan Pengadilan Agama Manna.

  • PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA POSBAKUM ANTARA PENGADILAN NEGERI MANNA DENGAN LBH BHAKTI ALUMNI UNIB BENGKULU

    Pada hari  Selasa tanggal 2 Januari 2022 bertempat di ruang sidang Garuda Pengadilan Negeri Manna dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) antara Pengadilan Negeri Manna dengan LBH Bhakti Alumni UNIB Bengkulu, yang dihadiri oleh Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, para pegawai dan seluruh anggota Tim LBH Bhakti Alumni UNIB Bengkulu. Dipilihnya LBH Bhakti Alumni UNIB Bengkulu merupakan hasil akhir setelah melalui beberapa tahapan proses seleksi yang dilaksanakan pada bulan Desember lalu.

    Acara dimulai pada Pukul 10.00 WIB, diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. Pada kesempatan ini, Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kerjasama yang baik yang telah terjalin dengan LBH Bhakti Alumni UNIB di tahun 2021 lalu. Banyak tantangan yang dihadapi selama tahun 2021 terutama dalam melaksanakan persidangan secara elektronik, namun hal tersebut tidak dapat mengurangi hak para pencari keadilan untuk memperoleh layanan hukum sesuai KUHAP maupun ketentuan hukum yang berlaku. Semoga di tahun 2022 kerjasama tetap terjalin dengan baik, terutama dalam peningkatan kualitas pemberian layanan hukum secara gratis kepada masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu yang memerlukan layanan berupa pemberian informasi, konsultasi, advis hukum, atau bantuan pembuatan gugatan/permohonan yang dibutuhkan sesuai PERMA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

    Selanjutnya dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama Posbakum oleh Bapak Cokia Ana Pontia O., S.H., M.H. selaku dengan Pengadilan Negeri Manna dengan LBH Bhakti Alumni UNIB Bengkulu yang diwakili oleh Bapak Syufrial, S.H.  Dengan telah ditandatanganinya kerjasama ini, diharapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat yang tidak mampu dalam memperoleh keadilan.

  • REFLEKSI AKHIR TAHUN 2021

    Pada hari Rabu tanggal 29 Desember 2021 Pukul 10.00 WIB bertempat di ruang sidang Garuda Ketua, para Hakim, Panitera, dan Sekretaris secara virtual mengikuti acara Refleksi Akhir Tahun 2021 yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung YM Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dengan tema ”Bersinergi Untuk Membangun Kepercayaan Publik”.

    Refleksi Akhir Tahun merupakan agenda tahunan Mahkamah Agung yang dilaksanakan setiap akhir tahun dalam rangka menyampaikan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Mahkamah Agung selama setahun. Bertempat di lantai 2 Gedung Tower dan Balairung Mahkamah AgungAcara Refleksi Akhir Tahun ini dihadiri oleh para Pimpinan Mahkamah Agung, para pejabat Eselon 1 Mahkamah Agung, serta ratusan rekan-rekan media baik dari elektronik, cetak, dan online.

    Pada kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Agung mengungkapkan bahwa Mahkamah Agung saat ini memiliki 910 satuan kerja pengadilan, ditambah dengan 13 pengadilan tingkat banding baru yang telah disetujui beberapa waktu lalu oleh DPR, tentu bukan persoalan mudah untuk memenuhi standar Sarpras IT yang sama bagi seluruh satuan kerja pengadilan di seluruh Indonesia, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Mahkamah Agung. Namun, Mahkamah Agung akan terus berupaya agar semua satuan kerja pengadilan di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di pelosok- pelosok dan pulau-pulau terpencil, bisa memiliki standar Sarpras IT yang setara dengan pengadilan- pengadilan yang ada di kota-kota besar, sehingga di tahun 2022 yang akan datang, tidak ada lagi kendala teknis yang dapat menghambat pelayanan pengadilan dalam proses persidangan elektronik.

  • LAYANAN PTSP DENGAN MENGGUNAKAN JAM DIGITAL (TIMER)

    Layanan yang cepat dan tepat merupakan salah satu wujud nyata reformasi birokrasi yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Untuk mengetahui apakah layanan telah diberikan sesuai waktu yang ditentukan dalam SOP yang berlaku, maka perlu suatu indikator yang dapat mengukur apakah layanan yang diberikan tersebut telah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tidak adanya penentuan batas waktu layanan yang jelas membuat waktu masyarakat terbuang sia-sia karena harus menunggu, dan hal tersebut tentunya tidak mencerminkan kualitas layanan prima. Kecepatan dan ketepatan layanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.  

    Untuk itu sejak bulan Oktober 2021 melalui program Agen Perubahan yaitu Sdri. Amelia Putrina Lumbantobing, S.H. (Hakim), Pengadilan Negeri Manna telah menerapkan jam digital (timer) dalam proses pemberian layanan di PTSP yang bertujuan agar masyarakat mendapatkan layanan yang cepat, tepat, dan terukur. Di samping itu juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas PTSP dalam memberikan pelayanan yang cepat sesuai kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang cepat bukan berarti pelayanan yang asal jadi, namun tetap diimbangi dengan kualitas layanan yang dimonitoring dan evaluasi secara berkala.

    Pengguna layanan yang datang ke Pengadilan Negeri Manna akan melihat di setiap meja layanan PTSP baik itu Perdata, Pidana maupun Hukum telah terpasang jam digital (timer). Sebelum memulai layanan, petugas PTSP akan menyalakan jam digital (timer) terlebih dahulu dan menginformasikan waktu layanan yang diperlukan kepada pengguna layanan. Jam digital (timer) akan berbunyi saat waktu layanan telah habis. Apabila terjadi keterlambatan dalam pemberian layanan, atau layanan yang diberikan tidak tepat maka pengguna layanan berhak mendapatkan kompensasi berupa souvenir. Semoga penerapan jam digital (timer) ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan yang prima dan meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Negeri Manna.

    Jam digital (timer) terpasang di setiap meja layanan
    Petugas PTSP menghidupkan jam digital (timer) dan menginformasikannya kepada pengguna layanan sebelum layanan diberikan
    Apabila terjadi keterlambatan pemberian layanan, maka pengguna layanan berhak mendapatkan kompensasi berupa souvenir
  • PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI PERADILAN OLEH PIMPINAN MAHKAMAH AGUNG TAHUN 2021

    Pada hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 Ketua Pengadilan, Para Hakim, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Manna secara virtual mengikuti Pembinaan Teknis Dan Administrasi Peradilan Bagi 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., beserta jajaran pimpinan Mahkamah Agung yang bertempat di Surabaya.

    Pada pembinaan kali ini, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan agar para hakim dan aparatur di seluruh Indonesia memedomani setiap hasil Rumusan Pleno Kamar dalam pelaksanaan tugas-tugas peradilan maupun tugas-tugas kesekretariatan. Kesatuan hukum dan konsistensi putusan harus dibangun mulai dari pengadilan tingkat pertama. Perbedaan sikap dan cara pandang dari para hakim terhadap isu hukum yang sama akan menimbulkan ketidakpastian dalam penegakan hukum.

    Ketua Mahkamah Agung juga mengingatkan agar pimpinan pengadilan, para hakim dan aparatur peradilan memiliki kepekaan terhadap perkara yang berpotensi menimbulkan reaksi dari masyarakat luas, sehingga hal buruk yang mungkin terjadi dapat diantisipasi sedini mungkin dengan berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat untuk menjaga keamanan dari para hakim yang menyidangkan perkara serta keamanan lingkungan kantor pengadilan.

    Membangun kepercayaan publik ibarat menyalakan api di atas tungku yang basah, sulit menyala, namun mudah untuk padam. Oleh karena itu perlu kerja keras untuk membangunnya dan kekompakan untuk menjaganya.”  

    Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

    Ketua Mahkamah Agung RI

  • HASIL SELEKSI CPNS MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2021
  • PENGUMUMAN

    PENGUMUMAN sesuai dengan keputusan ketua Pengadilan Negeri Manna kelas II Nomor W8.U3/1130/KP.01.2/12/2021 Panitia Seleksi Pemberi Layanan Bantuan Hukum (POSBAKUM) Pengadilan Negeri Manna mengadakan SELEKSI Pemberi Layanan Bantuan Hukum (POSBAKUM) Pengadilan Negeri Manna Tahun Anggaran 2022.Jadwal Pendaftaran :Pendaftaran Berkas : 7 Desember 2021 s/d 14 Desember 2021Verifikasi Berkas : 15 Desember s/d 17 Desember 2021interview : 20 Desember 2021Pengumuman Calon Pemenang : 21 Desember 2021Keberatan/Sanggahan : 22 Desember 2021 s/d 24 Desember 2021Penandatangan MOU : 4 januari 2022

  • PEMBINAAN ADMINISTRASI PERADILAN OLEH KETUA PENGADILAN TINGGI BENGKULU

    Selasa, 30 November 2021, Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, YM.Bapak.Dr.Moh.Eka Kartika. EM. S.H., M.Hum., berserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Manna. Dalam kunjungan kerja tersebut, dilakukan Pembinaan oleh Bapak KPT Bengkulu yang didampingi oleh Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Cokia Ana Pontia, O. S.H., M.H., Sekretaris PT Bengkulu Bapak Endri Novian, S.E., terhadap Para Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh aparatur Pengadilan Negeri Manna, bertempat di Ruang Sidang Garuda, pukul 12.00 WIB sampai dengan selesai.

  • Monev tindak lanjut hasil audit tim bawas mahkamah agung

    Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap temuan audit kinerja oleh Bawas MARI pada Pengadilan Negeri Manna tanggal 16 November 2021 sampai dengan tanggal 19 November 2021 yang lalu, pada hari Kamis tanggal 25 November 2021, bertempat di Ruang Sidang Garuda, Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Cokia Ana Pontia. O. S.H., M.H., memimpin Rapat monitoring evaluasi dan tindak lanjut terhadap temuan audit kinerja oleh Bawas. Dalam kegiatan tersebut juga diselingi monev SIPP dan sosialisasi PERMA No.2 Tahun 2014 dan SOP kepaniteraan. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Bapak/Ibu Hakim, Panitera dan Panitera Muda Perdata, Pidana dan Hukum..

  • diskusi internal terkait teknis yudisial dalam menjalankan Tupoksi sebagai Hakim

    Selasa tanggal 23 November 2021, pukul 08.15 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Sidang Garuda PN Manna, Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Cokia Ana Pontia O, S.H., M.H., berserta Bapak/Ibu Hakim PN Manna melaksanakan diskusi internal terkait teknis yudisial dalam menjalankan Tupoksi sebagai Hakim, dalam kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi terkait teknik pembuatan putusan perdata yang dipresentasikan oleh Hakim PN Manna Ibu Amelia Putrina Lumbantobing, S.H., kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait materi yang disampaikan. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai wadah berdiskusi untuk merefresh kembali materi yang tentunya sangat berhubungan bagi Hakim dalam menjalankan tupoksinya.

  • SERTIJAB DAN PELANTIKAN KETUA PENGADILAN NEGERI MANNA

    Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, YM, Bapak, Dr.Moh.Eka Kartika.E.M. S.H., M.Hum., melantik dan mengambil janji Ketua Pengadilan Negeri Manna, Bapak Cokia Ana Pontia. O. S.H., M.H., pada hari Senin tanggal 1 November 2021, pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Soebekti Pengadilan Tinggi Bengkulu, dilanjutkan serah terima jabatan antara Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Rachmansyah, S.H., M.H., kepada Bapak Cokia Ana Pontia. O. S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manna yang baru. Dibimbing oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, Ketua Pengadilan Negeri Manna yang dilantik tersebut berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manna dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (UUD NKRI) Tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undanngan dengan selurus-lurusnya, serta berjanji akan berbakti kepada Nusa dan Bangsa. Acara pelantikan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir yaitu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, Para Hakim Tinggi dan Hakim Ad Hoc Pengadilan Tinggi Bengkulu, Ibu Ketua Pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi Bengkulu, seluruh Ketua Pengadilan Negeri sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Bengkulu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Ketua Pengadilan Agama Manna, Kepala Kepolisian Resor Bengkulu Selatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkulu Selatan, Pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Tinggi Bengkulu, Bapak/Ibu Hakim Pengadilan Negeri Manna, dan pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Negeri Manna serta tamu undangan lainnya secara terbatas.

  • RAPAT DINAS

    Hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Sidang Garuda Pengadilan Negeri Manna, disela-sela waktu menjelang akhir masa jabatannya, Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Rachmansyah, S.H., M.H. masih meluangkan waktunya untuk memimpin Rapat Rutin Bulanan, untuk bulan Oktober 2021, acara tersebut juga dihadiri Wakil Ketua PN Manna Bapak Cokia Ana Pontia, O,. S.H., M.H., Bapak/Ibu Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Manna.

  • launching aplikasi e-BIMA( Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability)

    Hari Senin tanggal 11 Oktober 2021, pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Sidang Cakra PN Manna, Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Rachmansyah, S.H., M.H., didampingi Wakil Ketua Bapak Cokia Ana Pontia, O. S.H., M.H., Panitera Bapak Zulmahri, S.H., dan Sekretaris Bapak Aviv Patuh Rahman, S.Kom mengikuti kegiatan secara daring launching aplikasi e-BIMA( Electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability) oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI.

  • Evaluasi Implementasi Aplikasi SIMONALISA dan Evaluasi Implementasi Jam Digital pada pelayanan PTSP

    Sebagai bentuk agenda rencana kerja Agen Perubahan PN Manna Semester II Tahun 2021, bertempat di Ruang Sidang Garuda PN Manna pukul 08.30 WIB sampai dengan 10.00 WIB, Ibu Amelia Lumbantobing, S.H., Hakim PN Manna sebagai Agen Perubahan telah memaparkan Evaluasi Implementasi Jam Digital pada pelayanan PTSP dan Bapak Aviv Patuh Rahman, S.Kom, Sekretaris PN Manna juga sebagai Agen Perubahan telah memaparkan Evaluasi Implementasi Aplikasi SIMONALISA pada PN Manna. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Manna Bapak Rachmansyah, S.H., M.H., Wakil Ketua Bapak Cokia Ana Pontia. O, S.H., M.H., Panitera dan aparatur Pengadilan Negeri Manna. Kegiatan tersebut adalah salah satu upaya untuk merubah pola pikir dan budaya kerja seluruh Aparatur PN Manna ke arah yang lebih baik.

  • Sosialisasi SAKIP dan Monitoring dan Evaluasi SOP

    Bertempat di Ruang Sidang Garuda, hari Senin tanggal 4 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, Ketua Pengadilan Negeri Manna Kelas II Bapak Rachmansyah, S.H., M.H., didampingi Wakil Ketua Bapak Cokia Ana Pontio O, S.H., M.H., Bapak,/Ibu Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Aparatur Pengadilan mengikuti kegiatan Sosialisasi SAKIP yang dipresentasikan oleh Sekretaris PN Manna Bapak Aviv Patuh Rahman. S.Kom., dilanjutkan Monitoring dan Evaluasi SOP Kesekretariatan serta Evaluasi Kinerja Pegawai untuk seluruh ASN di PN Manna.







Hubungi Kami
Hubungi Kami
  • BERITA MAHKAMAH AGUNG RI

  • tidak dapat menampilkan berita ...