logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Manna

Jalan Affan Bachsin No.109 Manna Bengkulu Selatan

Agen Perubahan

Agen Perubahan

Nama

:

Amelia Putrina Lumbantobing, S.H.

NIP

:

198708232017122001

Pangkat/Gol/Ruang

:

Penata Muda / III/a

Jabatan

:

Hakim

SK Agen Perubahan

:

SK Ketua Pengadilan Negeri Manna No. W8.U3/688.a/KP.01.2/7/2021 Tentang Pengangkatan Agen Perubahan dan Role Model Pada Pengadilan Negeri Manna Program Agen Perubahan

INOVASI PERUBAHAN:

Layanan PTSP dengan menggunakan jam digital

PERUBAHAN YANG INGIN DICAPAI:

Sasaran:

Layanan yang cepat, tepat, dan terukur

Indikator Kinerja:

Lama pemberian layanan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan dalam SK KPN No. W8.U3/243/KP.01.2/2/2021 Tentang Standar Pelayanan Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Negeri Manna Kelas II.

Target:

Masyarakat mendapatkan layanan tepat waktu (100 %)

 

RENCANA TINDAK

Kegiatan

Jadwal

1.   Melakukan sosialisasi penerapan jam digital (timer) kepada para petugas, supervisor, dan pihak terkait lainnya;

10-9-2021

 

2.   Memasang jam digital di setiap meja petugas PTSP;

13-9-2021

3.   Masa uji coba penggunaan jam digital (timer);

13-29 Sept 21

4.   Evaluasi penggunaan jam digital (timer)

30-9-2021

5.   Penerapan jam digital (timer). Setiap memulai layanan petugas PTSP menghidupkan jam digital (timer) dan menginformasikannya kepada pengguna layanan. Layanan harus sudah selesai sebelum timer berbunyi. Apabila terjadi keterlambatan layanan, maka pengguna layanan berhak mendapatkan kompensasi berupa souvenir.

Oktober – dst


Nama

:

AVIF P RAHMAN

NIP

:

197401192009041003

Pangkat/Gol/Ruang

:

Penata Tingkat 1 / III/d

Jabatan

:

Sekretaris

SK Agen Perubahan

:

SK Ketua Pengadilan Negeri Manna No. W8.U3/688.a/KP.01.2/7/2021 Tentang Pengangkatan Agen Perubahan dan Role Model Pada Pengadilan Negeri Manna Program Agen Perubahan

 

INOVASI PERUBAHAN:

Implemantasi Sistem Informasi Monitoring Laporan Internal Satuan Kerja (SI-MONALISA)

 

PERUBAHAN YANG INGIN DICAPAI:

Sasaran:

Penyajian Laporan yang yang tepat waktu, akurat dan akuntabel tervalidasi dan terverifikasi sesuai jenjang kewenangan pelaporan pada satuan kerja

Indikator Kinerja:

1. Ketepatan waktu Penyampaian laporan bagian kesekretariatan  

2. Penerapan Punish and Reward atas penyampaian laporan (tepat waktu/tidak tepat waktu)

Target:

Internal.

1. Unsur Pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua, Pengadilan Negeri Manna), Bagian Kepaniteraan (Panitera), Bagian Kesekretariatan (Sekretaris)

a.Mempercepat pencarian laporan dan status laporan bagian kesekretariatan.

b.Mempermudah pengaturan manajemen pelaporan bagian kesekretariatan.

c.Membantu percepatan pengambilan keputusan bagi seorang pimpinan.

d.Mengetahui standar dari Aksi Perubahan

e.Sebagai bahan evaluasi Kinerja Pengadilan Negeri Manna

f.Memonitoring Kinerja Pengadilan Negeri Manna terkait pelaporan bagian kesekretariatan.

2. Pegawai/staf

a.Merubah mindset dan culturset dalam peningkatan pelaksanaan pelaksanaan tugas

b.Mempermudah petugas pengelola laporan dalam memonitoring realisasi laporan.

c.Mendinamiskan penyelenggaraan yang sudah dilaksanakan

d.Menjamin keselamatan dan keamanan data laporan

e.efisiensi dan optimalisasi tempat dan waktu

f.Memudahkan pegawai dalam penginputan laporan kegiatan

g.Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengumpulan data

 

3) Instansi

a.Mendukung upaya reformasi birokrasi ;

b.Mendukung kebijakan Mahkamah Agung Republik Indonesia ;

c.Meringankan pekerjaan bagian kesekretariatan dalam mengelola

dan memonitoring laporan bagian kesekretariatan

d.Meningkatkan kualitas terhadap pelayanan publik.

e.Mempermudah pemantauan manajemen Laporan.

f.Meningkatkan Akuntabilitas Laporan Satuan Kerja.

g.Dokumen laporan terarsip secara digital

 

4) Masyarakat

a.Terwujudnya keterpaduan informasi tentang kinerja organisasi.

b.Terciptanya birokrasi modern yang efektif dan efisien

c.Kepercayaan masyarakat meningkat karena Tersajinya Laporan yang akuntabel.

RENCANA TINDAK

Kegiatan

Jadwal

1. Melakukan sosialisasi penerapan jam digital (timer) kepada para petugas, supervisor, dan pihak terkait lainnya;

10-9-2021

 

2. Penerapan dan Implementasi Aplikasi SI-MONALISA;

10-9-2021

3. Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SI-MONALISA serta Pengembangan Aplikasi.

Oktober – dst